Program Au Pair Jerman: Cek Syarat & Cara Daftarnya di sini!

Program Au Pair Jerman merupakan program yang populer untuk orang – orang yang ingin merasakan pengalaman tinggal di rumah keluarga angkat di Jerman, untuk mempelajari budaya Jerman secara langsung, sekaligus melatih dan meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman.

Agar kamu lebih kenal dengan program menarik ini, artikel ini akan menggali lebih dalam apa itu program Au Pair Jerman, syarat, sampai cara pendaftarannya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Jerman

Apa itu program Au Pair Jerman?

Program Au Pair Jerman adalah program yang menawarkan kesempatan bagi para anak muda untuk tinggal, belajar dan meningkatkan bahasa Jerman, dan merasakan langsung bagaimana rasanya berinteraksi dengan masyarakat Jerman. Peserta Au Pair nantinya akan tinggal di rumah host family (keluarga penampung) , dan sebagai balasannya, peserta harus melakukan beberapa kewajiban yang diberikan oleh host family/ keluarga angkat. Au pair adalah sebuah langkah awal bagi para anak muda yang ingin melanjutkan studi atau bahkan mengejar karirnya di jerman, seperti mendaftar Ausbildung.

Program Au Pair ini ditawarkan tak hanya di negara Jerman, tapi juga di negara – negara Eropa lain seperti Austria, Belgia, Denmark, Inggris, Perancis, Finlandia, dsb. Namun artikel ini akan berfokus pada membahas program Au Pair Jerman, lengkap dengan penjelasan syarat dan cara mendaftar program ini.

Periode program Au Pair

Au Pair dapat berlangsung selama 6 – 12 bulan tergantung dengan kesepakatan antara peserta Au Pair dengan keluarga angkat. 

Tanggung Jawab Peserta & Keluarga Angkat

kegiatan program au pair jerman

Apa saja tanggung jawab peserta Au Pair?

Secara umum, tanggung jawab peserta Au Pair adalah membantu keluarga angkat melakukan tugas rumah tangga mereka, seperti:

  • Mengawasi kegiatan anak selama di rumah, dan mengantar mereka pergi ke sekolah
  • Membantu menyelesaikan tugas rumah tangga sederhana seperti mencuci piring
  • Membantu merawat hewan peliharaan

Hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa tanggung jawab peserta Au Pair tidak boleh menyentuh ranah membantu mengurus orang tua dan orang sakit. Karena hal tersebut harus dilakukan oleh orang yang telah memiliki kemampuan atau sertifikasi khusus.

Sebenarnya tugas – tugas rumah tangga sederhana seperti itu bertujuan untuk membantu peserta Au Pair untuk mengasah kemampuan bahasa Jerman mereka, dan semakin familiar dengan budaya host family dan budaya Jerman pada umumnya, agar dapat beradaptasi dengan lingkungan Jerman, apalagi untuk peserta yang memang berencana meneruskan tinggal di Jerman dengan mengikuti program lainnya.

Apa saja tanggung jawab keluarga angkat?

  1. Menyediakan tempat tinggal. Keluarga angkat yang menerima peserta Au Pair, wajib untuk menyediakan tempat tinggal yang layak dan ruang tidur sendiri untuk peserta Au Pair. Selain itu, mereka juga wajib menyediakan makan untuk peserta Au Pair, dan makanan tersebut harus setara dengan apa yang dimakan oleh keluarga angkat. Apabila peserta Au Pair memiliki pantangan/alergi khusus terkait makanan, maka hal tersebut harus disampaikan oleh peserta di dalam form pendaftaran.
  2. Kursus bahasa. Peserta Au Pair berhak untuk mengikuti les bahasa Jerman dan kegiatan lainnya di waktu bebas mereka. Keluarga angkat wajib membayar 840 euro untuk membiayai kursus bahasa peserta.
  3. Uang Saku. Keluarga angkat wajib memberikan uang saku kepada peserta Au Pair sebesar 280 euro per bulan, namun hal ini juga disesuaikan dengan seberapa banyak pekerjaan rumah tangga yang dilakukan oleh peserta Au Pair.
  4. Menyiapkan asuransi. Keluarga angkat di Jerman harus menyiapkan polis asuransi untuk peserta Au Pair, beserta dengan membayar preminya. Asuransi tersebut mencakup pengobatan penyakit, kehamilan, kelahiran, dan kecelakaan.

Apa syarat untuk ikut program Au Pair Jerman?

1. Syarat Au Pair Jerman

Berikut beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh calon peserta program Au Pair Jerman:

  • Berusia minimal 18 tahun, dan maksimal 27 tahun. Peserta boleh berstatus sudah menikah, namun belum memiliki anak.
  • Peserta harus berasal dari negara di luar Jerman
  • Memiliki kemampuan bahasa Jerman, minimal memiliki sertifikat A1. Artinya, peserta Au Pair paham dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi sederhana untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.
  • Memiliki pengalaman merawat anak akan menjadi nilai tambah
  • Peserta Au Pair harus dalam keadaan sehat, dan membuktikan kondisi kesehatan jasmani dengan menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan.
  • Tidak memiliki catatan kriminal, dapat dibuktikan dengan mencantumkan SKCK.
  • Memiliki kemampuan untuk membiayai diri sendiri (untuk visa, biaya transportasi, biaya membayar agensi jika peserta mengikuti program ini lewat bantuan agensi)

2. Dokumen pendaftaran

  1. Paspor yang masih berlaku
  2. Sertifikat bahasa Jerman (minimal A1)
  3. Surat keterangan kerja (jika ada) atau surat cuti (jika masih kuliah)
  4. Ijazah terakhir (diterjemahkan ke bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah & diapostille)
  5. Daftar riwayat hidup dalam bahasa Jerman
  6. Surat motivasi dan rencana perjalanan
  7. Aplikasi pengajuan VISA

3. Dokumen yang didatangkan dari Jerman:

  1. Surat undangan (einladung)
  2. Surat kontrak yang telah disepakati antara Au Pair dan keluarga angkat (vertrag)
  3. Surat keterangan tempat tinggal (meldebestätigung)
  4. Asuransi kesehatan (krankenversicherung)

Bagaimana cara mendaftar program Au Pair Jerman?

  1. Cari program Au Pair dengan menemukan agensi yang terpercaya dan dapat menguhubungkan peserta dengan keluarga angkat.
  2. Melakukan wawancara dengan keluarga angkat. Setelah mendapatkan agensi, mereka akan menghubungkan peserta dengan keluarga angkat sesuai dengan preferensi. Setelah itu, peserta akan diundang untuk wawancara dengan keluarga angkat, dengan tujuan membahas ekspektasi masing – masing serta membahas persyaratan dan batasan – batasan yang harus disepakati kedua belah pihak.
  3. Tanda tangan kontrak. Kontrak ini juga akan diperlukan ketika peserta Au Pair mengurus visa.

Hal – hal yang perlu dibahas dan disepakati secara umum sebagai berikut:

  • Jadwal mingguan, apa saja yang harus dikerjakan dan kapan pekerjaan tersebut harus selesai
  • Aturan – aturan dalam rumah keluarga angkat
  • Jadwal libur, kapan peserta bisa mengikuti les bahasa Jerman

Persiapkan visa Au Pair

Setelah semua dokumen terkumpul, ajukan visa ke Kedutaan Besar atau Konsulat jerman di Indonesia. Dokumen – dokumen persyaratan visa program Au Pair Jerman adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir permohonan yang dapat diisi langsung di website resmi Kedutaan Jerman
  • Pasfoto biometris terbaru
  • Paspor yang masih berlaku
  • Surat motivasi dalam bahasa Jerman atau Inggris yang dibuat dan ditulis secara pribadi dalam bentuk asli dengan informasi mengenai rencana tinggal Au-Pair. Termasuk di dalamnya penjabaran mengenai harapan yang terkait masa tinggal sebagai Au-Pair dan keuntungan yang diinginkan bagi karir dan pribadi seperti juga rencana masa depan. Apa rencana Anda setelah menyelesaikan kegiatan Au-Pair? Apakah Anda ingin kembali ke Indonesia? Apakah Anda mahasiswa/-i? Jika iya, apakah Anda akan melanjutkan atau menghentikan studi Anda? Apakah Anda telah mempunyai ijazah? Dalam bidang apa?
  • Daftar riwayat hidup (dalam bahasa Jerman)
  • Lembaran pertanyaan Au-Pair (1 Fotokopi) dari agensi ketenagakerjaan, diisi oleh keluarga angkat.
  • Kontrak Au Pair (dalam bahasa Jerman)
  • Sertifikat bahasa A1
  • Bukti kualifikasi seperti ijazah, surat keterangan kerja, dengan terjemahan bahasa Jerman atau Inggris. Untuk ijazah sekolah diperlukan Apostille beserta terjemahan.

Persiapkan dokumenmu dengan layanan penerjemah tersumpah Kolektif Kata

Sedang mengurus dokumen persyaratan untuk mendaftar program Au Pair Jerman? Mempertimbangkan untuk menggunakan bantuan jasa penerjemah tersumpah adalah hal yang tepat yang bisa kamu lakukan. Tim penerjemah tersumpah Kolektif Kata siap membantu menerjemahkan dokumen formal. Garansi akurasi dan hasil terjemahan diakui Kedutaan Besar Jerman. Hubungi kami dengan klik tombol di bawah ini, dan jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhanmu dengan kami ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Admin
Hubungi kami
Halo, semoga kabar Anda baik!
Klik untuk mengobrol dengan tim kami